Selasa, 15 November 2011

Apakah fungsi notepad.exe ?

Posted on 28 Januari 2009 by Mpu-Elcom
Notepad adalah aplikasi Windows yang ada sejak Windows 95.Fungsinya semua orang sudah tahu,yaitu digunakan untuk membuka file text.Tapi setelah pakai microsoft office ,open office dll,banyak yang melupakan notepad ini.
Notepad sebenarnya mempunyai multi fungsi,karena dia program text yang sangat simple sehingga kompatible dengan berbagai aplikasi.
Diantara fungsinya adalah:
1.Bisa digunakan membuat (mengedit) file ber extension bat (atau extension cmd untuk windows 2000 keatas ),bat atau cmd adalah aplikasi under dos yang bisa digunakan bermacam-macam fungsi tergantung command (perintah) yang diketik dinotepad.Misalnya buat perintah shutdown.
Caranya buka notepad dan ketik :
shutdown.exe -s -t 30
kemudian save as type>>All files. Dan filename bebas yang penting paling belakang .bat (extension file). Setelah itu coba double click file yang kita buat,apa yang terjadi?.Kalau benar script kita,maka Komputer akan shutdown dalam waktu 30 detik.
2.Membuat file ber extension inf, inf adalah file yang digunakan untuk install driver hardware ,yang sekarang menjadi multifungsi,bisa jadi virus atau anti virus tergantung isinya.Misalnya: autorun.inf , yang sebenarnya dulu digunakan untuk cd, bila dimasukkan ke komputer akan langsung menjalankan aplikasi tertentu.Tapi sekarang digunakan untuk menjalankan virus di flash disk (UFD).
3.Membuat (mengedit) file ber extension reg ,reg adalah file yang digunakan untuk memasukkan settingan Windows melalui registry windows(regedit.exe).
4.Membuat (edit) file ber extension vbs , js dll.file tersebut adalah script yang digunakan untuk berbagai keperluan.Yang compiler adalah wscript.exe atau cscript.exe.
Dan masih banyak lagi yang lain: misalnya html dll.
Dari notepad ini kita akan belajar banyak bahasa program,baik itu dos (.bat , .cmd).script ( .js , .vbs) atau lainnya,dengan cara click kanan >> open with notepad pada file-file tersebut.
Ini memang dasar sekali dan mungkin sudah banyak yang sudah bisa. Tapi disini saya tulis untuk catatan pribadi atau bagi yang belum bisa, agar bisa mengingatnya dengan mudah.
Bagi yang belum faham semoga bisa dibuat pelajaran…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar